Tutorial: Menentukan/Mencari Tempo Lagu


Engineer sangat akrab dengan bunyi metronome. Suara metronome ini berfungsi sebagai guide ketika musisi merekam agar pas tempo. Tutorial ini membahas tentang cara efektif dalam menentukan angka tempo bpm (beat per minute), seperti: menentukan tempo lagu baru yang ingin direkam dan mencari tempo lagu yang sudah ada (seperti pembuatan minus one, karaoke dan mencontoh lagu orang lain).
Sebelumnya, ketahui juga sedikit wawasan tentang tempo dan metronome secara musikal. Tempo adalah kecepatan ritmik musik diukur menggunakan BPM. Lalu BPM itu merupakan singkatan dari Beat Per Minute (Sebuah standar dalam perhitungan tempo musical). Dan terakhir, metronome adalah peranti atau alat yang mengkomunikasikan tempo tersebut menggunakan suara ketukan. Metronome ada yang analog dan ada yang digital, di software DAW yang kita gunakan untuk merekam adalah metronome digital.
Semua software DAW aplikasi untuk merekam audio sudah dilengkapi metronome, berikut tutorial langkah-langkah menentukan dan mencari tempo lagu:
1. Mengetik angka bpm pada metronome
transport panel cubase
transport panel cubase
  • Untuk Cubase dan Nuendo, metronome terdapat pada transport panel, atau menekan tombol shortcut F2 pada keyboard.
  • Pada Cakewalk Sonar, masuklah ke Options > Project > Metronome
  • Di Adobe audition, masuklah ke settings > choose Options > Metronome.
Dengan cara menebak kira-kira angka bpm tempo dari sebuah lagu, sangat tidak efektif karena akan memakan waktu, kecuali anda sudah hafal dan bisa menggunakan teknik pembagian ketukan menggunakan menit jam.
2. Beat Calculator/Tap Tempo.
Beat Calculator
Beat Calculator
Fitur ini sangat mudah digunakan, contoh: pada nuendo dan cubase, kita cukup membuat tempo manual dengan menekan spasi pada keyboard, maka beat calculator tersebut akan mendeteksi pukulan kita dan akan menentukan angka bpm secara otomatis.
  • Untuk masuk ke fitur beat calculator di nuendo/cubase, masuklah ke bagian atas (project > beat calculator)
  • Untuk sonar, silahkan cek video ini.
  • Pada Adobe Audition lihat di manualnya berikut ini.
Dengan cara ini, kita cukup menyuruh musisi/player/klien yang akan merekam lagunya untuk memainkan lagunya. Sembari itu, gunakan beat calculator, sangat mudah. Cara ini juga bisa digunakan untuk mendeteksi tempo untuk lagu yang sudah jadi, cukup dengan playback lagu tersebut sembari tap tempo menggunakan spasi keyboard. Beat Calculator/Tap tempo juga ada yang versi software, dapat di download secara free. Free Download Tap Tempo.
3. BPM Analyzer
bpm analyzer
bpm analyzer
Ini terutama berguna untuk mendeteksi tempodari sebuah lagu yang sudah jadi, biasanya untuk keperluan pembuatan loop, minus one atau lagu karaoke. Caranya sangat mudah, hanya dengan drag file lagu tersebut lalu dan secara automatis BPM Analyzer akan memberikan info tempo bpm nya. Tapi kelemahan BPM analyzer ini tidak dapat menentukan angka yang sudah terlalu spesifik seperti desimal 2 angka dibelakang koma. 
4. Tools Time Warp
Ini merupakan fasilitas dari nuendo dan cubase, seperti halnya bpm analyzer berguna untuk mendeteksi lagu yang sudah ada, tapi fitur ini menggunakan metode yang berbeda. Tools time warp dapat menghitung tempo secara presisi dan akurat. Caranya dengan menyamakan garis warp tersebut dengan gambar beat wave track, maka angka tempo di transport panel akan berubah sesuai time warp yang diedit.
Demikian tutorial mendeteksi tempo lagu ini saya buat agar mempermudah pekerjaan recording dan audio editing. Memang sederhana, tapi kadang jika hal seperti ini diabaikan justru membuat pekerjaan di studio recording atau home recording terhambat hanya karna masalah tempo metronome saja.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More