Studio Rekaman


Studio recording atau studio rekaman adalah fasilitas untuk merekam suara. Idealnya, ruang yang secara khusus dirancang oleh acoustician untuk mencapai sifat akustik yang mumpuni untuk sebuah studio recording (memperhatikan aspek: diffusion, reflections, reverb time, ambient, dan lain-lain). Studio recording biasanya mampu mengerjakan berbagai pekerjaan audio editing seperti:
~ merekam lagu untuk band/solois
~ membuat jingle/lagu iklan untuk tv dan radio komersial
~ mengerjakan movie scoring/ilustrasi musik dan pekerjaan audio lainnya.
Umumnya studio rekaman profesional terdiri dari dua ruangan inti, yaitu:
studio recording
control room studio
studio recording
recording room studio
Control room
Atau sering disebut ruang operator studio. Merupakan tempat beradanya peralatan recording, tempat untuk editing dan mixing, dan tempat untuk mengontrol ruangan lainnya.
Recording room
Ruangan ini biasanya diberi peredam dan dirancang secara akustik. Ruangan ini merupakan tempat beradanya instrument musik dan tempat musisi merekam musiknya.
Studio recording menggunakan peralatan-peralatan yang dirancang khusus, yang mencakup hardware recording, software Digital Audio Workstation, virtual studio plugin/vst dan instrment musik. Studio rekaman selalu dipimpin oleh sound engineer yang sering disebut juga operator studio, engineer ini adalah orang yang bertanggung jawab dan mengerjakan tracking, audio editing, mixing dan mastering.
Dampak dari perkembangan teknologi, saat ini studio recording terdiri dari beberapa jenis, diantaranya:
Studio recording profesional
Merupakan studio rekaman dengan tempat dan ruangan yang dirancang secara khusus, memiliki peralatan yang lengkap, dan menghasilkan rekaman dengan kualitas yang profesional. Studio rekaman profesional biasanya dikerjakan oleh sound engineer ahli dan bersetifikat sekolah formal engineer.



Ini dia model studio recording music yang banyak banget beredar di dunia recording di tanah air ! Sebuah model studio recording music yang mempunyai peralatan sangat kompleks dengan piranti Rack Processor, seperti Compressor, Limiter, Noise Gate, Pre Amp, dan lainnya, piranti Mixer yang mempunyai banyak Channel, ruang take yang penuh dengan peredam home studio dan sistem akustik home studio recording yang bagus, hingga kualitas instrumen musik studio music dan microphone serta speaker monitor yang berkelas. Itulah sebabnya di sebut Studio Rekaman Profesional.
Namun pastinya komplektivitas dari semua elemen tersebut bermuara pada satu titik yang membuat banyak orang merasa “ wah kayaknya aku gak jadi bikin 
studio recording deh “, yaitu biaya yang dibutuhkan “ mahal bung ! “.
Jika diurai satu persatu tentang harga peralatan 
studio music yang dibutuhkan memang sangat masuk akal kalo studio recording music model ini membutuhkan biaya yang besar. Mari kita berhitung tentang beberapa harga alat yang dibutuhkan untuk membangun studio recording music profesional ini. Contoh untuk perangkat musik yang dibutuhkan antara lain gitar listrik, gitar akustik, keyboard, gitar bass, hingga satu set drum dan perkusi. Untuk kebutuhan perangkat instrumen musik ini harga yang harus dibayar kurang lebih Rp. 20 jutaan.

Studio record label
Adalah studio rekaman sekaligus label distribusi dan marketing karya musik musisi. Studio seperti ini ada dua macam, yaitu: studio record label major (menangani klien artist) dan studio record label indie (menangani band dan musisi indie).





Ada dua jenis studio recording jika dilihat dari biaya yang dibutuhkan untuk membangunnya dan kompektivitas dari peralatan yang digunakan, yaitu :
1. Sistem rekaman professional ( Professional Digital Studio Recording )
2. Sistem rekaman rumahan ( Digital Home Recording )




Digital Home Recording System


Ini adalah model recording studio jaman sekarang! Perkembangan teknologi yang cepat juga merambah ke dunia perekaman. Hal ini memunculkan sistem perekaman digital dengan perangkat yang tidak terlalu kompleks ( “dan pastinya tak terlalu menguras dompet.. “ ), namun mempunyai kualitas yang tidak kalah dengan studio rekaman profesional.
Studio rekaman model ini menggunakan pendekatan piranti lunak ( Software ) dalam sistemnya. Maksudnya, peralatan-peralatan berharga mahal pada 
home studio profesional di replace atau diganti dengan Software tersebut. Hal ini memang untuk lebih menekan biaya yang diperlukan dalam membangun home studio recording.
Keuntungan membangun Digital Home Recording selain dana yang cukup murah adalah troubleshooting yang tidak terlalu bertele-tele dikarenakan Hardware yang digunakan juga tidak banyak dan Cabling System nya juga mudah. Ini adalah model studio yang nantinya bakal menguasai dunia perekaman masa mendatang.




0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More